Makalah Hukum Bisnis Pelanggaran Perlindungan Konsumen

UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Republik Indonesia menjelaskan bahwa hak konsumen diantaranya adalah hak atas kenyamanan keamanan dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan atau jasa. Melakukan pengawasan terhadap produk produk yang dijual di pasaranPelanggaran terhadap Undang-undang yang berkenaan dengan peelindungan konsumen juga dapat terjadi atau dilakukan oleh pihak penjualatau pengecer Dalam berbagai kasus perlindungan konsumen dilanggar dengan cara menjual barang-barang kadaluwarsa yang sudah tidak layak dikonsumsi tanpa sepengetahuan konsumen.


Pin Di Contoh Surat Indonesia

Pemberlakuan UU ini dimaksudkan menjadi landasan hukum yang kuat bagi pemerintah dan perlindungan konsumen swadaya masyarakat untuk melakukan upaya pemberdayaan konsumen melalui pembinaan dan pendidikan konsumen dan melindungi kepentingan konsumen serta mendorong iklim berusaha yang sehat yang mendorong lahirnya perusahaan yang tangguh dalam menghadapi.

Makalah hukum bisnis pelanggaran perlindungan konsumen. Dalam beberapa kasus banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang merugikan para konsumen dalam tingkatan yang dianggap membahayakan kesehatan bahkan jiwa dari para konsumen. 11 Mariam Darus Badrulzaman1994Aneka Hukum BisnisBandungAlumni. Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen Pemerintah menjamin adanya perlindungan hukum terhadap konsumen dengan membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen BPSK yang bertugas untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi antara pelaku usaha dengan konsumen.

221 Perlindungan Hukum Terhadap Pelanggaran Privasi Konsumen Dalam Bertransaksi Online Data pribadi merupakan komponen dari data privasi dimana dalam privasi adalah hak seseorang untuk menutup atau merahasiakan hal-hal yang sifatnya pribadi informasi pribadi. Perlindungan hukum bagi konsumen merupakan sebuah perangkat hukum yang diciptakan oleh lembaga pemerintah untuk dapat memberikan perlindungan hukun dan jaminan kepastian hukum. This thesis discusses the problems faced by consumers due to the use of plastic products as food packaging consumer protection law violations by the business and the role of government in order.

Dalam kegiatan bisnis yang sehat terdapat keseimbangan perlindungan hukum antara konsumen dengan produsen. Makalah ini berjudul Hukum Perlindungan Konsumen. Makalah Etika Bisnis Islma ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah.

Dalam kegiatan bisnis yang sehat terdapat keseimbangan perlindungan hukum antara konsumen dengan produsen. Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang PerlindunganKonsumen mendefinisikan perlindungan konsumen sebagai berikut. 8 Tahun 1999 dalam memberikan jaminan perlindungan terhadap konsumen di era.

Dengan demikian jelaslah bahwa konsumen dilindungi oleh hukum hal ini terbukti telah diaturnya hak-hak konsumenyang merupakan kewajiban pelaku usaha dalam UU No. Plastik kemasan pangan pelanggaran hukum perlindungan konsumen Abstract Plastics contain hazards that can endanger consumers health. Hak untuk memilih barang dan atau jasa serta mendapatkan barang dan atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan.

Sebaliknya apa yang menjadi kewajiban konsumen merupakan hak bagi produsen. Pasal 26 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi. Dengan saling menghormati apa yang menjadi hak maupun kewajiban masing-masing maka akan terjadilah keseimbangan tawazun sebagaimana yang di ajarkan dalam ekonomi islamDengan prinsip keseimbangan akan menyadarkan kepada setiap pelaku bisnis agar segala aktivitasnya tidak hanya.

Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen didalam pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa perlindungan konsumen merupakan segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk menberikan perlindungan kepada konsumen. Masalah hukum yang menyangkut perlindungan hukum konsumen semakin mendesak dalam hal seorang konsumen melakukan transaksi e-commerce dengan merchant dalam satu negara atau berlainan negara. Analisis Etika Bisnis tertentu merusak masyarakat baik dalam kaitannya.

Kerugian-kerugian yang dialami oleh konsumen dapat timbul sebagai akibat dari adanya hubungan hukum perjanjian antara produsen dengan konsumen maupun akibat dari adanya perbuatan melanggar hukum. Di dalam pembuatan makalah ini kami berusaha menguraikan dan menjelaskan tentang perlindungan terhadap konsumen. Sedangkan dalam UU Perlindungan Konsumen No.

Di dalam jual beli melalui internet seringkali terjadi kecurangan. 8 tahun 1999 pelanggaran terhadap kesehatan konsumen dapat dikenakan hukuman maksimal 5 tahun berikut denda hingga Rp 2 milyar. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen termasuk didalamnya juga diatur tentang segala sesuatu yang berkaitan apabila hak konsumen misalnya siapa yang melindungi konsumen bab VII bagaimana konsumen.

Perlindungan hukum terhadap konsumen diatur dengan Undang undang No 8. 13 Tujuan Makalah Sesuai rumusan masalah di atas makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan. Pelanggaran akan hak hak konsumen sangat riskan terjadi karena karakteristik e-commerce yang khas.

Kerugian-kerugian yang dialami oleh konsumen dapat timbul sebagai akibat dari adanya hubungan hukum perjanjian antara produsen dengan konsumen maupun akibat dari adanya perbuatan melanggar hukum. Mengingat pentingnya konsumen untuk dapat memperjuangkan hak-haknya agar tidak selalu dirugikan oleh produsen sehingga konsumen mendapatkan perlindungan hukum maka dalam penelitian ini lebih memfokuskan pada permasalahan yaitu Bagaimana Undang- undang Perlindungan Konsumen UUPK No. Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat hidayah dan inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul tentang Etika Bisnis dalam Perlindungan Konsumen.

Dalam kesempatan ini dengan segala kerendahan hati kami menyampaikan terima kasih kepada ibu Theresia selaku dosen Hukum dalam Bisnis. Tidak adana perlindungan yang seimbang menyebabkan konsumen pada posisi yang lemah. MAKALAH HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN – deskripsi Irwan Graves Law Irwansyah Blog Is A Place To Exchange Ideas About The Law Health And.

Tidak adana perlindungan yang seimbang menyebabkan konsumen pada posisi yang lemah. 121 Pengertian konsumen 122 Hukum perlindungan konsumen 123 Tujuan perlindungan konsumen 124 Prinsip dan asas-asas perlindungan konsumen 125 Hak dan kewajiban konsumen 126 Hak dan kewajiban produsen terhadap konsumen 127 Sengketa konsumen dengan produsen 128 Sanksi hukum bagi pelanggar perlindungan konsumen 14 Kegunaan Makalah Makalah. Maka dari itu sangat diperlukan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce.

Kecurangan-kecurangan tersebut dapat terjadi yang menyangkut keberadaan pelaku.

Leave a Comment